Seperti binatang ternak lainnya , domba juga termasuk hewan sosial. Mereka suka bergerombol saat mencari makan . Namun tidak seperti sapi , domba lebih selektif memilih rumput untuk dimakannya . Mereka memilih yang segar- segar dan menghindari yang terkontaminasi racun . Domba memiliki visual 270 derajat , sehingga ia tidak perlu menengok untuk mengetahui yang ada di belakangnya . Hal ini karena posisi penglihatannya yang menyamping . Domba memiliki daya ingat mumpuni , mereka mengenali wajah teman – temannya dan juga manusia .

Berikut beberapa sejarah dan keistimewaan domba, di antaranya:

1) Qurban pertama yang dilakukan oleh manusia yaitu persembahan Qabil dan Habil, putra Nabi Adam as. Namun, yang diterima Tuhan adalah qurbannya Habil yang mempersembahkan sebuah domba. Ia melakukan qurban dengan persembahan terbaik dan dilakukannya dengan ikhlas. Domba persembahan Habil inilah yang kemudian diberikan kepada Nabi Ibrahim as sebagai pengganti putranya Nabi Ismail as.

2) Nabi Musa as bertemu dengan calon istrinya saat dia sedang menggembala kambing. Dan Musa pun menjadi penggembala kambing beberapa tahun lamanya milik calon mertuanya, yaitu Nabi Syuaib as.

3) Nabi Muhammad saw semasa kecil Beliau juga pernah menjadi penggembala kambing. Demikian halnya para nabi dan rasul lainnya. Hampir semua nabi dan rasul adalah penggembala kambing: Nabi Daud, Nabi Isa, dll.

4) Umar bin Khattab ra juga seorang pengembala hebat.

5) Berqurban dengan domba lebih mudah dan murah dibanding berqurban dengan hewan lainnya (sapi, kerbau, unta, dll)

6) Secara ekonomi juga lebih mudah diternakkan, makanannya tersedia banyak dan cepat beranak-pinak.

7) Kulit kambing bisa dipakai untuk berbagai keperluan hidup: membuat kirbah, dinding rumah, kebutuhan sehari-hari seperti sandal, tas, dompet, kerajinan tangan dll.

Manfaat Menjadi Penggembala menurut Syafii Antonio:

a) Pathfinding (mencari) padang gembalaan yg subur;

b) Directing (mengarahkan) menggiring ternak ke padang gembalaan;

c) Controlling (mengawasi) agar tidak tersesat atau terpisah dari kelompok;

d) Protecting (melindungi) dari hewan pemangsa dan pencuri;

e) Reflecting (perenungan) Alam, manusia, dan Ciptaan Allah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa makan dan minum yang halal dan thoyyib, namun seringkali orang-orang memahami makna thoyyib hanya sebatas baik saja, sehingga masih mengandung multi-interpretasi sedangkan pengertian thoyyib itu sendiri seharusnya dikembalikan kepada terminologi pangan yaitu: bergizi, bervitamin, berprotein dan lain sebagainya yang intinya makanan dan minuman yang mengandung kebaikan.

Dari berbagai riwayat fi’liyah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa meminum susu kambing sehingga menjadi pertanyaan di dalam hati saya, ada apa di balik susu kambing tersebut ??? Walhamdulillah akhirnya saya temukan juga rahasianya yaitu di antaranya adalah:

Kambing adalah hewan yang diberkahi

Rasulullaah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ﺍﺗَّﺨِﺬُﻭﺍ ﺍﻟْﻐَﻨَﻢَ ﻓَﺈِﻥَّ ﻓِﻴﻬَﺎ ﺑَﺮَﻛَﺔً

“Peliharalah kambing karena karena terdapat keberkahan pada kambing itu”.[Lihat: Shahiih Al-Jaami’ush Shaghiir Wa Ziyaadatuh (hlm: 78, no. 82) Al-Maktab Al-Islami dan Silsilatul Ahaadits Ash-Shahiihah (2/404, no. 773) Maktabah Al-Ma’aarif, dan lihat juga Talbis Iblis (hlm. 176) Imam Ibnul Jauziy, Daarul Qalam]

Kambing adalah hewan gembala para Nabi

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻋَﻦْ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ ﻣَﺎ ﺑَﻌَﺚَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻧَﺒِﻴًّﺎ ﺇِﻟَّﺎ ﺭَﻋَﻰ ﺍﻟْﻐَﻨَﻢَ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺃَﺻْﺤَﺎﺑُﻪُ ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻧَﻌَﻢْ ﻛُﻨْﺖُ ﺃَﺭْﻋَﺎﻫَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﻗَﺮَﺍﺭِﻳﻂَ ﻟِﺄَﻫْﻞِ ﻣَﻜَّﺔَ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah Allah mengutus seorang Nabi melainkan dia mengembalakan kambing”. Para sahabat bertanya: “Termasuk engkau juga?” Maka Beliau menjawab: “Ya, aku pun mengembalakannya dengan upah beberapa Qiroth untuk penduduk Makkah”.[HR.Bukhari]

Dari dua hadits di atas menunjukkan tentang keistimewaan kambing bahkan pada hadits pertama kambing adalah hewan yang diberkahi, maka pantaslah jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa mengkonsumsi susu kambing dikarenakan pada hewan tersebut mengandung keberkahan.

Namun sayangnya masyarakat muslim kurang mengetahui hal ini sehingga kebanyakan mereka lebih menyukai susu sapi, baik dari kalangan the have (kaum kaya) maupun the haven’t (kaum tidak punya) mengkonsumsi susu sapi. Saya pun bergumam: “Sapi menjadi susu superior karena paradigma barat sedangkan scientist barat manalah mengerti tentang hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka pantaslah jika masyarakat muslim lebih doyan susu sapi karena telah diciptakan public opini tentang susu sapi.”

Maka sejak saat itu saya putuskan untuk menghentikan konsumsi susu sapi dan beralih kepada susu kambing, terlebih untuk anak-anak saya, hal itu karena didasari oleh keyakinan saya terhadap kandungan dari hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam akan keberkahan kambing dan keistimewaannya sebagai hewan gembala para Nabi.

Jika kambing merupakan hewan yang diberkahi maka otomatis dagingnya, susunya pun mengandung kebaikan untuk kesehatan kita semua sekalipun kaum scientist barat belum mengkonfirmasikannya maka saya tidak butuh statement mereka untuk pembuktian secara medisnya, hal itu karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa mengkonsumsi susu kambing yang didasari halalan dan thoyyiban, jadi untuk apa percaya ahli medis jika Nabi yang mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam kita nomor-duakan dalam meyakininya ???

Apa yang saya kemukakan pada artikel ini bukanlah bermaksud provokatif namun hanya sekedar wacana informatif dan sekaligus mengajak para pembaca muslimin sekalian agar kembali kepada sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, baik sunnah qauliyah (sabda), fi’liyah (perbuatan) maupun taqririyah (persetujuan), dan semoga apa yang saya sampaikan pada wacana ini dapat dipetik manfaatnya oleh kita semua.

Domba merupakan hewan yang masih satu keluarga dengan hewan kambing. Pada umumnya, kita sudah mengetahui bagaimana rupa dari hewan domba ini. Hewan domba memiliki bulu yang lebih tebal dari kambing biasa, dan bulunya juga biasa diambil untuk diolah menjadi bahan kain wol. Sama pula seperti saudaranya, kambing, domba juga dimanfaatkan untuk diambil manfaat daging nya. Beberapa dari anda pasti sudah mengetahui hal tersebut.

Di Indonesia sendiri, konsumsi daging domba masih kalah populer dibandingkan konsumsi daging kambing. Itu disebabkan karena faktor harga alias faktor ekonomis dan juga usaha peternakan domba yang jumlahnya lebih sedikit daripada kambing. Namun demikian, daging domba juga tetap menjadi favorit di beberapa rumah makan dan restoran. Biasanya daging domba diolah menjadi :

1. Kebab

2. Barebeque, alias daging domba panggang atau bakar

3. Sebagai campuran pada nasi kebuli dan jenis masakan timur tengah lainnya

4. Sate dan gulai

Dari segi khasiat dan manfaat daging domba tidak jauh berbeda dengan manfaat daging kambing. Hal ini dikarenakan kandungan gizi yang tidak jauh berbeda antara daging kambing maupun daging domba. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari konsumsi daging domba apabila dilihat dari kandungan gizinya :

1. Kandungan Energi Tinggi

Salah satu manfaat daging domba ialah daging domba dapat memberikan asupan energi yang cukup tinggi ketika dikonsumsi. Ini dapat dilihat dari kandungan energi yang dimiliki oleh 100 gr daging domba berjumlah 206 kkal, dari kebutuhan energy total sekitar 2000an kkal setiap harinya. Asupan energi ini dapat mebantu :

Memberikan kekuatan bagi tubuh untuk beraktivitas

Menjaga daya tahan tubuh

Mengurangi kemungkinan terjadinya kelelahan ketika sedang beraktivitas

2. Protein yang tinggi

Sudah bukan rahasia umum lagi apabila jenis daging merah, seperti manfaat daging sapi , babi, kuda dan juga domba memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Terbukti, dari 100 gr manfaat daging domba terkandung protein yang tinggi, yaitu sekitar 17.1 gr protein. Bagi yang sedang ingin membentuk otot, maka protein ini sangat baik bagi anda. berikut ini beberapa manfaat protein bagi tubuh :

Membentuk dan menambah massa otot

Mengikat lemak

Memperlancar pencernaan

Memberikan energy dan kekuatan bagi tubuh

Kandungan protein yang tinggi juga terdapat pada :

3. Kalsium yang tinggi

Keunggulan lain dari manfaat daging domba ini adalah kandungan kalsiumnya, yang juga tergolong tinggi dan sangat berguna bagi tubuh. Manfaat kalsium yang terkandung pada daging domba ini membantu proses tubuh dalam :

Menjaga kesehatan tulang

Menguatkan tulang

Mencegah terjadinya gangguan dan kelainan pada tulang.

Kandungan kalsiumnya sendiri mencapai angka 10 mg per 100 gr daging domba nya.

4. Fosfor

Manfaat daging domba juga memiliki kandungan fosfor yang sangat tinggi. Sama seperti kalsium, kandungan fosfor yang ada di dalam daging domba akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama dalam hal menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. 100 gr daging domba mengandung 1.91 mg fosfor yang baik untuk tubuh anda.

5. Vitamin B1

Siapa bilang kalau tidak ada kandungan vitamin pada jenis daging merah? Buktinya, daging domba mengandung manfaat vitamin B , khususnya vitamin B1. 100 gr daging domba yang diteliti, ternyata mengandung vitamin B1 sebanyak 0.15 mg. Jumlah ini mungkin tergolong sedikit, namun demikian vitamin B1 yang terdapat pada daging domba bermanfaat untuk :

Membantu proses oksidasi

Membantu menambah energi

Menjaga ketahanan dan daya tahan tubuh

Mencegah terjadinya kulit bersisik dan kulit kering.

6. Mencegah terjadinya anemia

Anemia merupakan suatu kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan darah merah. Hal ini akan sangat berakibat buruk bagi tubuh, karena tubuh dapat mengalami :

5 L ( Letih, Lemah, Lesu, Lelah, dan Lunglai )

Sering merasa pusing

Sakit kepala

Mudah terserang penyakit

Tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas

Salah satu keunggulan dari daging merah, termasuk di dalamnya adalah jenis daging domba ialah mampu meningkatkan produksi sel darah merah. Zat tersebut dapat mencegah atau mengurangi gejala-gejala yang muncul karena anemia.

7. Selenium

Manfaat daging domba dan semua jenis daging merah lainnya memiliki kandungan selenium di dalamnya. Selenium yang ada pada daging domba ini dapat berfungsi menghasilkan manfaat antioksidan tubuh. Berikut in iadalah beberapa manfaat dari antioksidan :

Menangkal radikal bebas

Mengurangi resiko tubuh terserang penyakit tertentu

Menyehatkan kulit dan organ tubuh

8. Kandungan vitamin B2

Daging domba dan daging kambing memiliik kandungan vitamin B2 atau yang biasa dikenal dengan istilah riboflavin. Kandungan vitamin B2 ini memeiliki banyak manfaat bagi kesehtan tubuh, antara lain :

Menjaga ketahanan dan kesehatan syaraf

Menjaga kesehatan mata, dan segalanya yang berhubungan dengan indera penglihatan

Meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh

Mencegah terjadinya sariawan dan bibir pecah-pecah

9. Vitamin B12

Manfaat daging domba juga memiliki kandungan vitamin B12 yang baik dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin B12 atau yang biasa disebut dengan kobalamin ini akan membantu tubuh dalam :

Menjaga kesehatan syaraf

Membantu proses pembentukan sel darah merah

Mencegah anemia

Meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh

10. Mampu meningkatkan kolestrol baik

Mitos dimana jenis daging kambing dan daging domba memiliki kandungan kolesterol yang tinggi adalah benar. Namun demikian kandungan kolestrol yang ada pada daging domba tersebut merupakan jenis kolestrol baik atau HDL. HDL ini mampu menekan dan mencerna lemak, serta melawan kolesterol jahat di dalam tubuh.

WhatsApp chat