Domba memiliki nama latin ovis aries. Hewan ini dikenal dengan ciri-ciri bulunya yang lebat dan tumbuh subur. Domba merupakan hewan ternak yang dikembangbiakkan karena kaya akan manfaat yang bisa didapat. Banyak para petani peternakan yang lebih memilih memelihara domba terutama untuk mendapatkan Bulu domba itu sendiri.

Bulu domba telah lama digunakan untuk berbagaimacamjenis mulai dari pakaian, sandal hingga cream kecantikan.  ini karena bulu domba mengandung senyawa bernama lanolin. Sedangkan saat dibuat sebagai busana bulu domba dapat memberikan kehangatan dan kenyamanan begitu dikenakan. Penyebabnya antara lain karena tingkat pertukaran suhu panas dalambulu domba dan tidak mudah terpengaruh dengan suhu yang berasal dari luar. Jadi sedingin apapun cuaca diluar tidak akan mempengaruhi kehangatan dari busana atau selimut yang terbuat dari bulu domba. Ditambah lagi bulu domba ini  sama sekali tidak menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Nah,untuk lebih tahu mengenai manfaat dari kulit domba berikut ini ulasannya :

1.Mengatasi ruam kulit

Manfaat pertama dari bulu domba adalah untuk mengatasi ruam pada kulit. Bulu domba yang telah diambil kemudian dapat diolah menjadi sejenis senyawa bernama lanolin. Senyawa ini banyak terdapat sebagai salah satu komposisi cream bagi kulit yang tujuannya untuk mengatasi alergi pada kulit. Keberasaan senyawa lanolin didalam bulu domba ini cocok untuk ibu yang mengalami ruam pada puting saat menyusui bayinya. Jadi pilihan untuk melihat komposisi suatu produk perlu sebelum membelinya. Pastikan bahwa salah satu kandungan yang terdapat didalam produk tersebut memang yang sedang Anda butuhkan saat itu juga.

2. Pakaian

Penggunaan bulu domba untuk dibuatkan pakaian seperti selimut atau jaket yang digunakan saat musin dingin sudah lama dilakukan. Terlebih lagi pembuatan jaket atau selimut sudah lama ada dinegara luar. Negara luar lebih dahulu mengaplikasikannya karena cuaca mereka yang kadang bisa mencapai hingga 6 derajat celcius. Pembuatan jaket atau selimut dari bulu domba ini memberikan kehangatan yang tahan lama jadi dapat memberikan kenyamana. Namun harga untuk jaket dan selimut yang terbuat dari bulu domba cukup mahal, sesuai antara manfaat dan harganya.

3. Karpet

Pembuatan sebagian karpet ternyata juga menggunakan bulu domba. Cara untuk membuatnya bulu domba akan dicukur setiap empat bulan dan dicuci dengan disinfectant dan direndam bersama air sabun. Setelah bersih dipilin menjadi benang dengan alat sederhana terlebih dahulu. Untukmembuat bulu domba berserat agar dapat dibentuk menjadi karpet memerlukan sisir khusus, sayangnya sisrini buatan dari luar negeri dan haru diimpor terlebih dahulu. Namun karpet yang nanti dibuat tidak kalan kualitasnya.

4. Menghangatkan tubuh

Seperti diawal di jelaskan manfaat bulu domba memang untuk menghangatkan tubuh, bulu domba memiliki sifat yang tidak mudah terpengaruhi oleh suhu disekitarnya, jadi pemakaian bulu domba dalam bentuk jaket atau selimut dapat dimanfaatkan.

5. Sandal

Sandal atau sepatu merupakan pelengkap bepergian yang bertujuan untuk melindungi kaki dari benda atau udara yang dingin. Saat cuaca diluar yang dingin tidak hanya tubuh yang perlu dihangatkan namun juga kaki perlu mendapatkan kehangatan. Kaki kadang dapat lebih mudah dingin terlebih dahulu sebelum badan. Maka tak heran kaki kadang diberi tambahan kaus kaki sebelum dipasangkan sepatu atau sendal. Cuaca dingin maka pilihan yang tepat adalah menggunakan sepatu yang terbuat dari bulu domba untuk membantu menghangatkan kaki. Sedangkan saat cuaca panas menggunakan sandal dari bulu domba juga tidak masalah. Selain untuk tampil beda dibandingkan yang lain sandal dari bulu domba juga tidak akan mengakibatkan iritasi pada kaki.

Seperti diawal di jelaskan manfaat bulu domba memang untuk menghangatkan tubuh, bulu domba memiliki sifat yang tidak mudah terpengaruhi oleh suhu disekitarnya, jadi pemakaian bulu domba dalam bentuk jaket atau selimut dapat dimanfaatkan.

WhatsApp chat